Prepare to Singapore : Uang Singapore Dollar (SGD)

Horeeeee……

Akhirnya kebeli juga nih SGD setelah selama sebulan mantengin rates BCA dan bank-bank lain plus seminggu ini aktif banget telepon ke money changer untuk bertanya kurs dolar Singapura saat ini dan ada pecahan berapa saja disana. *niat abis* ๐Ÿ˜€

Menukar uang dolar, bisa dilakukan di dua tempat, yaitu di bank atau di money changer. Karena berhubung untuk penukaran di bank kurang paham *entah sama atau tidak*, jadi saya memutuskan untuk menukarnya di money changer. Sempat bertanya ke satpam bank BCA yang ada di MOI bagaimana proses penukaran uang rupiah ke dolar atau sebaliknya, katanya hanya tinggal menghadap salah satu petugas di dalam (cs sepertinya) dan langsung melakukan transaksi. Sayangnya, transaksi penukaran tersebut hanya bisa dilakukan sampai jam setengah 12 siang (11.30 am). Ini juga berlaku untuk bank BCA cabang Mall Artha Gading. Aku memilih bank BCA karena mempunyai kurs yang lebih bagus dibanding bank-bank lainnya. Bisa dicek disini http://www.klikbca.com/individual/silver/ind/rates.html. Link Kurs BCA yang baru -> http://www.bca.co.id/id/biaya-limit/kurs_counter_bca/kurs_counter_bca_landing.jsp

Money Changer, banyak tersebar di Jakarta, tinggal cari saja via google dengan key word money changer jakarta, atau jika mau lebih spesifik lagi bisa diganti menjadi money changer kelapa gading pasti muncul nama beserta alamat dan nomor teleponnya. Dengan banyak membaca di forum-forum, ada beberapa mc yang direkomendasikan, yaitu di:

1. Valuta Inti Prima (VIP) -> http://www.vip.co.id/
Alamat: Jl. Menteng Raya No 23, Jakarta Pusat, Indonesia
Telepon: +62-21-3190-7777 atau +62-21-390-4444
Fax: +62 21 3190-2345
Hari dan Jam Kerja: Senin – Jum’at pukul 08:30 am sampai 05:00 pm (Sabtu, Minggu dan hari libur tutup).
Lokasi: Map Streetdirectory

map vip

2. PT Ayu Mas Agung
Alamat: Di dalam Toko Buku Gunung Agung Kwitang, Jl. Kwitang 37-38, Jakarta Pusat 10420, Indonesia
Telepon: (62-21) 3103374, 3103375, 3144025

3. Peniti

Setelah melihat, mendengar, membaca dan memilih, akhirnya diputuskan bahwa saya akan menukar uang di money changer yang lebih dekat dengan kantor (karena jam kerja money changer sama dengan jam kerja), masalah berbeda Rp 5-100 tidak jadi masalah karena saya hanya menukar sedikit dolar, lagipula jika dihitung-hitung, biaya bensin kesana, biaya telepon tanya kurs jauh lebih besar dari perbedaan harganya. Ketemulah dengan money changer di daerah Sunter, tepatnya di belakang Hotel Danau Sunter (Sunlake Hotel), cuma 5 menit dari Kelapa Gading, namanya Porto Valas.

4. Porto Valas -> http://www.portovalas.com/
Alamat: Jl. Taman Sunter Indahย  Blok KI 1 No. 27, Jakarta Utara 14350, Indonesia (Deket All Fresh, Bank Permata, Bank BCA, sebelahnya Alfa Express)
Telp: (021) 6501275 atau 65831444
Fax : (021) 6500455
Hari dan Jam Kerja: Senin – Jum’at pukul 09:00 am sampai 03:00 pm (Sabtu, Minggu dan hari libur tutup).
Lokasi:

Dan saya berhasil membeli hanya 600SGD (gabung sama titipan teman) dengan pecahan 100SGD sebanyak 3 lembar dan 50SGD sebanyak 6 lembar dengan kurs Rp6.990 per 1 SGD.

Pecahan kecil uang dolar Singapura (SGD)
Kertas = 20SGD, 10SGD, 5SGD dan 2SGD
Koin = 1SGD, 50 cents, 20 cents, 10 cents dan 5 cents

20 thoughts on “Prepare to Singapore : Uang Singapore Dollar (SGD)

  1. Selama perjalanan ke Singapura beberapa kali, biasanya saya memang sudah siap sedia Singapore Dollar sebelumnya. Dengan jumlah SGD yang saya pegang itu, ya saya targetkan harus cukup, ga boleh habis, malah kalau bisa jangan ada sisa. Hehe.. Tapi pernah suatu waktu akhirnya saya kebablasan juga.. daripada tariktunai dari kartu kredit atau pun gesek kartu kredit berkali-kali, akhirnya saya mencoba tarik tunai dengan kartu ATM saya yang berlogo Visa. Ya memang sih kena charge-nya lumayan besar, tapi lebih baik seperti itu, daripada tagihan kartu kredit saya yang nantinya kelewat membumbung tinggi! ๐Ÿ˜€

    • Setau saya sih bisa, cuma seperti penjabaran mba ardhachandradewi, pasti kena biaya per sekali tarik tunai. Dan untuk BCA saya tidak tahu tarifnya karena belum pernah pakai.
      Jangan lupa, untuk BCA bisa mengambil uang di ATM yang berlambang Maestro atau Cirrus.
      Semoga Membantu ๐Ÿ™‚

  2. bagaimana kalau menggunakan CIMB NIAGA saja? Td siang saya baru aja tanya2 sama CS Bank CIMB, katanya penarikan di Singapura tidak ada biayanya. Tp saya belum tahu tuh benar apa ga, soalnya baru mau coba besok Oktober ke Singapura… hehehe… Trus td CS nya bilang ATM CIMB banyak tersebar si Singapura. hehe… ^^

  3. Mbk sya punya uang koin sents singapura,saya coba tukarkan di bank mandiri kok ktanya udah ngk laku??apa bener?atau saya harus tukarkan ke tempat lain?

  4. ada yang bisa kasih info gak ya pecahan S$ 10 -20 atm singapore adanya dimana ya..lagi disingapore tpi susah cari atm yg pecahan 10$/20$..

  5. mbak saya mau tanya, kalau kita tarik tunai di ATM berlogo visa di SG (saya pakai mandiri), contoh nih saya mau narik SGD 100, itu rate yang di pakai pas penarikan itu sesuai dengan rate yg tertera di website bank mandiri atau gimana mbak?

Komentarnya ditunggu...