Bank Note

Bank Note menurut wikipedia.com

A banknote (often known as a bill, paper money or simply a note) is a kind of negotiable instrument, a promissory note made by a bank payable to the bearer on demand, used as money, and in many jurisdictions is legal tender.

Malu bertanya sesat di jalan, mungkin itu pepatah yang sangat saya setujui untuk saat ini. Senang dapat ilmu baru siang-siang begini, kali ini ilmunya tentang Bank Note. Apasih bank note itu? Sejujurnya saya baru dengar barusan via telepon.đŸ˜€

Lagi-lagi postingan saya kali ini ada hubungannya dengan keberangkatan saya ke luar negeri. Mungkin karena baru pertama kali ingin kesana kali ya, jadi semua hal diurusin dari yang paling kecil misalnya bawa shampoo lebih baik yang sachet, sampai hal yang paling besar mengenai paspor dan mata uang negara yang dituju.

Singapore Dollars, seperti postingan sebelumnya, saya sudah membeli 600 SGD di salah satu money changer yang terdapat di Jakarta Utara, tepatnya di daerah Sunter yang bernama Porto Valas. Karena jumlah tersebut merupakan penjumlahan dari banyak orang, belum lagi ada teman yang ingin titip oleh-oleh, jadi aku rasa ingin membeli lagi dolar Singapura.

Kemarin sempat memesan 100 SGD ke salah seorang teman yang akan ke Singapura juga, tapi gara-gara ada masalah pagi ini mengenai pembiayaan uang kuliah saya yang kurang sehingga menyita uang tabungan, sepertinya niat itu harus saya urungkan sampai saya mendapatkan kembali penggantian uang kuliah saya. (sedih amat yak ga punya banyak uang. hihiiii).

Kurs BCA 5 Mei 2011Karena sibuk memberikan bukti kekurangan biaya kuliah dengan melakukan print screen di halaman klik bca saya, otomatis saya selalu melihat rates bca saat ini untuk SGD. “Wowwwww” ini dolar Singapura makin turun saja, tanggal 3 Mei 2011 kemarin saya membeli di mc seharga 6.990 per 1 SGD. Sekarang melihat di BCA, untuk kurs jual SGD seharga 6.958 per 1 SGD. Wah, jadi pengen tau caranya beli dolar di bank. Langsung deh searching nomor telepon kantor cabang BCA terdekat, kepikiran yang BCA di daerah Taman Sunter, bersebelahan dengan MC Porto Valas.

“Tuttt… tut…..”
“Iya dengan Bank BCA Taman Sunter bisa dibantu?”
“Kalo mau beli dolar itu caranya gimana ya?” *polos*
“Ow, dengan siapa saya bicara?”
“dengan Nanda”
“Baik ibu Nanda, jadi ibu mau transfer valas atau beli bank note?”
“Heh, Bank note? itu apa ya?” *ketauan deh begonya… hahahaaa*
“Iya ibu, jadi begini, ketika ibu ingin membeli dolar di bank, kita harus membuat sebuah perjanjian, nanti formulirnya bisa diisi disini”
“Oh gitu, iya saya mau beli dolar maksudnya. Sekarang kurs dolar Singapur berapa ya?”
“Sekarang untuk 1 SGD 7046 bu…” *lho kok beda sama di situs klik bca yak*
“Jadi kalo mau beli bank note bisa langsung kesana aja ya?”
“Ibu belinya SGD ya, maaf ibu disini tidak ada, bisa dicari di cabang yang lebih besar yaitu di cabang Sunter Mall”
“Oh gitu, baiklah….”
“Masih ada yang ingin ditanyakan bu?”
“Sudah, ga ada”
“Baiklah ibu, terima kasih dan selamat siang”
“Siang”
“tut tut tut tut”

Selanjutnya adalah sibuk mencari nomor telepon KCU Sunter Mall, ketemu yang 021-6400748 dan 6401851-2 dan ketiganya tak ada yang bisa dihubungi. *Ga bisa dihubungi tapi masih aja dipajang, aneh!!!*. Browsing lagi, ketemu deh yang versi updatenya 021-65830552 atau 021-6401850.

Singkat cerita, setelah dihubungkan ke bagian valas, saya mendapatkan informasi yaitu untuk dapat membeli sebuah mata uang asing, hanya datang ke bank (usahakan cabang yang agak besar), tanya satpam untuk ke bagian valas, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan untuk membeli sebuah bank notes alias mata uang asing dengan merujuk harga kurs bank notes (bukan kurs pada DD/TT karena itu untuk kurs transfer) disini: http://www.klikbca.com/individual/silver/ind/rates.html. Link Kurs BCA yang terbaru -> http://www.bca.co.id/id/biaya-limit/kurs_counter_bca/kurs_counter_bca_landing.jsp

Jadi, informasinya apa ya? Hihihiiii, kesimpulannya adalah bank note menurut bahasa saya adalah sebuah istilah dalam perbankan yang arti sebenarnya adalah UANG.

2 thoughts on “Bank Note

Komentarnya ditunggu...

