Copy Horizontal – Paste Vertikal @ MS Office Excell

Hari ini kembali bermain dengan excell, dapet data anggaran sebuah perusahaan dari bos yang bakal diinputkan ke database.

Pertama kali, mengecek data apa saja yang diperlukan di dalam database (field-fieldnya) dilanjutkan dengan melihat data anggaran berupa file excell. Dilihat-lihat, sepertinya akan lama jika dicopy satu field ke field satunya berdasarkan field di database. Data awal disajikan secara memanjang ke samping (horizontal), sedangkan diolah untuk dimasukkan ke database dalam bentuk memanjang ke bawah (vertikal). Ada ga sih caranya?

Iseng-iseng mencoba fungsi transpose yang merupakan pilihan kita menggunakan paste special dan ternyata BERHASIL. Ini dia caranya yang membuat pekerjaanku akan menjadi cepat untuk diselesaikan. Dan fungsi ini juga berlaku untuk copy paste vertikal menjadi horizontal (kebalikannya)

Caranya adalah:

1. Blok data yang akan disalin

2. Klik Copy atau tekan Ctrl + C
3. Pilih tempat yang akan menerima salinan di atas
4. Edit -> Paste Special atau bisa juga klik langsung paste special

5. Beri tanda centang dengan cara mengklik check box Transpose

6. Klik OK
7. Selesai

Selamat mencoba, saya lanjutin ngerjain tugasnya dulu ya, banyak euy….

Posted with WordPress for BlackBerry.

Komentarnya ditunggu...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s