Donor Darah

Sangat antusias saat kantor client tempat aku “numplek” mengadakan bakti sosial berupa donor darah dalam rangka perayaan ulang tahun PT MTI yang ke 10. Aku yang belum pernah donor darah, langsung aja ikutan daftar, walaupun “helllooooooo” saya bukan pegawai disana😀

Jumat ini, b̶i̶a̶s̶a̶ ̶d̶a̶t̶e̶n̶g̶ ̶t̶e̶r̶l̶a̶m̶b̶a̶t̶ mampir dulu ke gedung 3 untuk ambil nomor urut. Aku kebagian no 58. Karena nomor urut donor masih sekitar 30an, aku naik dulu ke ruangan untuk menaruh tas dan helm. Ga nunggu lama, no urut 55-60 pun dipanggil, cepet yah. Oke, saya siap mendonorkan darah ini.🙂

Setelah mengisi formulir dari PMI yang berisi nama, no ktp, jenis kelamin, alamat, no telp, dll aku naik ke lantai 2 tempat kegiatan donor darah berlangsung.

Ada 3 tahap pengecekan sebelum melakukan donor darah:

Tahap 1, saat proses input data, disini ditanya2 lagi menstruasi atau tidak (klo lagi menstruasi ga boleh donor), klo lagi menyusui ga boleh, klo abis caesar harus minimal 1 tahun, klo lagi kurang sehat ga boleh. LOLOS.

Tahap 2, pengecekan darah, jari tengah tangan kanan “dijepret” buat diambil darahnya untuk mengetahui golongan darah dan hemoglobin (Hb). Golongan darah aku 0 dan Hb aku 14,3 (masih tergolong normal). Oh ya, disini juga sempet ditanyain berat badan kita. LOLOS.

Tahap 3, konsultasi dokter, ditanya2 lagi mengenai mestruasi, udah nikah belum, udah pernah donor darah sebelumnya atau belum, dll. Dilanjutkan dengan cek tekanan darah. Awal-awal bu dokter memasukkan stetoskopnya, dia bilang “nadinya lemah yah, agak takut yah?”. Mmmm, jawab apa yah, agak takut sih dok, pertama kali soalnya. Sampai akhirnya si dokter bilang oke. Ga berapa lama, dokternya ngomong lagi, klo diambil darahnya 350cc mau ga? | emang biasanya brapa cc dok? | ya karena kamu masih pertama kali harusnya pake yang 250cc, cuma kantong darahnya lagi abis, klo dipaksain ke 350cc takutnya kamunya pusing dan ga kuat, kita ga mau ambil resiko | jadi gmna dok? Ga bisa gitu pake kantong yang gede tapi ambilnya ga usah penuh2? | yawdah, kamu coba lain kali aja yah…. GAGAL

Gagal donor darah cuma gara-gara ga ada kantong darah untuk menampungnya, gagal donor darah gara-gara aku baru pertama kali donor darah, gagal donor darah gara-gara takut akunya pusing dan ga kuat.

Kok bisa-bisanya itu orang PMI cuma nyediain kantong 250cc sebanyak 5 kantong doang!!!! *agak emosi*

Hiks, antara sedih, kesal dan kecewa Щ(ºДºщ)

Yasuwdahlah, mungkin belum saatnya aku mendonor, ambil positifnya saja, abis cek hb dan tensi gratis dan tau bahwa aku sehat-sehat saja. Alhamdulillah.

Aku tunggu 3 bulan lagi yah😉

Komentarnya ditunggu...

