3M45 Antam

Alhamdulillah, rencana dadakan yg disusun semalem pun akhirnya terlaksana. Begini ceritanya….

Aku dan cami yang kebetulan malam ini lg ke rumah, ngobrolin masalah harga lm (logam mulia) yang emang lagi turun. Memang kita berdua hampir tiap hari ngecek harganya sih di web antam di http://www.logammulia.com/gold-bar-id , jadi tau banget harga emas ini dari hari ke hari *super niat*.

Oke, rencana disusun. Mulai dr berangkat pagi untuk ambil nomer antrian sampai pada saat pembelian. Awalnya kepikiran buat ambil nomer antrian jam 3 pagi😀 akhirnya reschedule jadi jam 5 pagi.

Alarm ga bunyi (۳ ˚Д˚)۳

Tiba2 si cami nelp dan bilang udh sampe depan rumah buat jemput aku dan aku bener2 baru bangun. Wkwwwkw. Langsung ngibrit ke kamar mandi, cuci muka, wudhu, solat subuh dan cawwwww.

05.15 Berangkat dari rumah
05.31 Sampai di Gedung Antam di daerah Pulo Gadung

Pagernya masih ditutup, di papan pengumuman bagian depan tertulis antrian bisa diambil mulai jam 7 pagi. Lah saya udah sampe jam segini😀

Keluarlah seorang satpam dari pos penjagaan yg ada di dalam dan menanyakan maksud tujuanku. “Mau ambil nomer antrian Pak”. Bapak satpam pun mengangguk dan mengijinkan saya masuk. Si cami tetep nunggu di luar, jagain motor. Hahahaa.

“Boleh pinjem ktp nya mba?” | “Oh iya”, dengan sigap langsung ngeluarin kartu dan nyodorin ke satpam yg ada di pos | “Maaf mba, ktp” | “Ohhhhh maaf salah liat, hihihii, maklum baru bangun tidur” #malu saat sadar yang dikasihin malahan kartu atm bca. Wkwkwk.

Petugas pun mengisi Surat Ijin Masuk Tamu sesuai dengan ktp yg kuberikan. Kemudian mencetak nomor antrian. Alhamdulillah nya, aku dapet nomor urut antrian yang pertama. *keprok-keprok*

image

Ktp sementara ditahan, dan kamipun pulang.

Awalnya males banget buat mandi, pas ngeliat jam udah setengah delapan, akhirnya buru2 juga. Hahaha. Jam 07.54 berangkat dari rumah.

Jam buka Antam adalah pukul 08.30

Tiba, langsung masuk buat parkir dan menuju gedung untuk pembelian *persis dibelakang parkir motor*

Sudah mulai ramai ternyata di dalam, jejeran bangku panjang hampir mengisi 60% dari tengah ruangan tersebut. Sempat bertanya ke mbak2 si sebelah, udah mulai apa belum yah, katanya belum, nanti jam 08.30. Oke sip, ga telat.

“Antrian nomer 1 silahkan menuju loket 1A” ucap mesin pemanggil yg entah namanya siapa. Haha. Akupun bergegas menuju ke loket, disambut oleh mbak2 yang ramah, mempersilahkan duduk.

“Sebelumnya sudah pernah beli disini atau belum?” | “Belum mba” | “Boleh pinjam ktp, atau sim, atau fotokopi ktp saja karena ktpnya pasti ada di depan kan” | “Iya mba, aku ga ada sim, pake fotokopi ktp aja yah”, untungnya aku termasuk orang yang selalu bawa fotokopi ktp di dompet. “Baik sebentar, saya inputkan dulu yah”, selanjutnya si mbak sibuk ketik-ketik.

Meja sebelah, antrian nomer 2, terdengar mau beli emas yang 100 gram dan memilih pembayaran menggunakan debit mandiri silver. Berhubung debit mandiri silver hanya bisa transaksi maks 25jt, maka kurang dan mesti ada tambahan pembayaran melalui transfer 2x dan juga uang tunai. Mmmmmm, agak ribet juga yah.

Berhubung saya cuma beli dikit, jadi santai aja selama atm ga ketinggalan.

“Mau beli berapa?” | “Mau yang 10 gram aja mba, 2” | “Bener nih ga mau nambah?”, candanya. | “Engga mba, segitu aja nanti saya makan pake apa?.”

“Jadi total 9.760.000 rupiah, mau bayar pake cash atau debet atau transfer” | “Debet bisanya pake kartu apaan aja mba?” | “Ada BCA, Mandiri dan Permata” | “Ok, aku pake Mandiri aja mba”.

Pembayaranpun selesai, dilanjutkan dengan menyerahkan bukti pembayaran tadi ke loket 5D. Ada seorang bapak2 yang bertugas disana, terlihat baik juga.

“Ini mau dibuatin fakturnya dulu, klo udah selesai nanti dipanggil yah”, katanya. *menunggu*

image

“Nanda Ayu Wiyanti”, aku buru2 bangun dari tempat duduk dan menuju loket 5D. “Menuju loket 8 atau 9 yah, masuk aja ketempat yang kosong” | “Oke pak”.

Aku memilih loket 9, bukan karena loket 8 ada isinya, cuma loket 9 lebih deket dari loket 5D. *menunggu agak lama*

Akhirnyaaaaaaa, jeng jeng jeng jeng. Aku bertemu dengan dua emas ituh, pertemuan yang sangat mengharukan #superlebay

image

Pengalaman baru buatku, bukan masalah berapa banyak jumlah emas yang dibeli. Tapi pengalaman menuju kesini, mengetahui arus proses pembeliannya, seneng ajah dan era investasi pun dimulai😉

Tips Beli Emas di Antam
1. Datang pagi untuk ambil antrian, contohnya aku hari ini sampai antam jam 05.33 mendapat antrian 1. Semakin awal, semakin cepat selesai.
2. Jangan lupa bawa ktp atau sim dan fotocopy ktp.
3. Jangan lupa atm atau uang cash buat bayar *penting*😀
4. Manfaatkan fasilitas di dalam gedung ketika menunggu, terdapat minuman gratis seperti air mineral dingin atau cappucino, milo hangat yang bisa diambil sendiri di sebelah kiri pintu masuk. *ga mau rugi*
5. Jangan terlambat dan jangan lupa mandi. Hahahaaa.

Selamat berburu emas~

Komentarnya ditunggu...

