Seserahan Dan Perintilannya

Pernikahan ala Indonesia ga lengkap tanpa adanya seserahan. Yang pasti ini cuma tradisi, karena dalam islam ga kenal yang namanya seserahan, yang ada hanya mahar/mas kawin aja. Berhubung saya orang Indonesia ASLI, ya nurut aja sih kata tradisi selama masih dalam jalur yang benar.🙂

Seserahan adalah upacara penyerahan sesuatu sebagai tanda ikatan untuk kedua calon pengantin. (Menurut KBBI)

Dari segi waktu, seserahan biasa dilakukan sebelum hari pernikahan atau ada juga pas hari pernikahan. Kalo aku sih pas acara pernikahannya langsung, jadi ga perlu “kebanyakan” acara. Hihihiii. Dari segi isi, serahan (aku biasa tetep menyebutnya seserahan) di setiap lingkungan mempunyai kriteria yang berbeda. Ada yang mewajibkan pihak CPP untuk membelikan satu set perlengkapan kamar, mulai dari dipan, kasur, lemari, meja rias dll. Ada juga yang tidak mewajibkan itu semua. Intinya sih katanya yang dipakai nantinya oleh CPW.

Aku: “Aku mau beli ini ah buat seserahan”, sambil nunjuk salah satu barang yang LUCU.
Cami: “Yang penting nanti dipake”, balasnya.
Aku: “Okeyyy”.

Dan ternyata, ngumpulin barang seserahan itu ga mudah, dengan list contekan dari kakak, tetangga, internet plus tambahan dan pengurangan, membeli isi seserahan menjadi hal yang paling lama dikerjakan. Ya mungkin karena merasa masih lama jadi bisa beli sambil nyicil-nyicil bahkan 6 bulan sebelumnya. Masalah matchingin warna, milih merk, milih jenis, dan yang paling penting adalah masuk kedalam budget, maklum budget terbatas tapi pengennya beli yang bagus dan banyak. Wkwkwk.

Berikut ini daftar list seserahan yang berhasil ku borong beli, dikelompokin jadinya ada 17 Paket:

1. Bed Cover pertama, California Premium, Tanah Abang
2. Bed Cover kedua, Kendra Platinum, Tanah Abang
3. Perlengkapan Sholat Cewe:
– Mukena, Tanah Abang
– Sajadah, Mirota Batik
– Tasbih, Arab
– AlQuran, Gramedia
4. Perlengkapan Sholat Cowo:
– Baju Koko, Tanah Abang
– Sarung, Tanah Abang
– Tasbih, Arab
5. Handuk Cewe + Handuk Cowo, Terry Palmer Group
6. Perlengkapan Pesta:
– Tas Pesta, Elizabeth
– Sendal Pesta, Fladeo
7. Baju Tidur 2 pcs, Tanah Abang
8. Bra+Cd 4 Set, Pierre Cardin + Sorex, Pasar
9. Toiletries:
– Perawatan Rambut, Dove, Carrefour
– Body Wash, Dove, Carrefour
– Body Lotion, Dove, Carrefour
– Perawatan Gigi, Pepsodent, Carrefour
– Antiseptic, Lactacyd, Carrefour
10. Perawatan Wajah, Wardah
11. Make Up:
– Eye Shadow, Trend Warna 2011 Sari Ayu, Carrefour
– Eye Liner, Maybelline
– Mascara, Maybelline
– Eye Brow, Maybelline
– Make up Remover, Maybelline
– Blush On, Oriflame
– Lipstick, Maybelline
– Lipbalm, Revlon
– Cutex, Oriflame
12. Pakaian Resmi:
– Kebaya, Tanah Abang
– Kain Panjang, Pasar Bringharjo
– Tas Tangan, Tanah Abang
13. Pakaian Muslim:
– Baju Gamis, Tanah Abang
– Tas, Fladeo
14. Perlengkapan Kerja Wanita:
– Tas Kerja, Elizabeth
– Sendal Sandal, Bata
– Parfum, Britney Spears
– Jam Tangan, Casio
15. Perlengkapan Kerja Pria:
– Kemeja, The Executive
– Kemeja Batik, Batik Soenardi
– Parfum, Sultan
– Jam Tangan, Alexander Cristie *langsung dipake*
16. Bahan Sarimbit, Tanah Abang
17. Bahan Abaya, Tanah Abang

Oh ya, dari 17 paket diatas, ada 2 paket yang isinya perlengkapan cowo, itu maksudnya seserahan balasan gitu. Ada beberapa lingkungan yang mewajibkan, ada yang terserah dan ada juga yang tidak. Kalo aku sih yaudah lah yah dibeliin aja, toh dia juga udah ngasih seserahan banyak. 15 vs 2 mah ga masalah. Hahaaaaa.

Berhubung insya Allah ntar habis nikah bakalan tinggal di rumahku, dan kamarku rasanya sudah cukup penuh dengan menggunakan perlengkapan kamar yang aku pakai sekarang, jadi diputuskan untuk tidak usah membeli perlengkapan kamar, cukup beli kasur baru aja. *uhuy spring bed baruuuuu, empukkkk*

Alhamdulillah, semua barang yang tadinya numpuk di kamar udah diborong ke rumah pakdenya cami hari Jumat kemarin dan hari ini udah selesai dirangkainya. Express. Proses perangkaian seserahan, masih ngikutin kebiasaan orang, pake yang dibentuk2 hewan gitu, misal burung, bebek, kura2, dll. Kalo ada yang mau ngehias seserahan bisa langsung hubungi …… Denger2 sih biayanya 35rb/box. (Seharusnya bisa lebih murah yah, hahaaa).

Sesungguhnya sangat Alhamdulillah masalah seserahan ini udah beres. Dan benar-benar ga kerasa, tiba-tiba udah H-14 aja, perasaan baru kemaren kamu ngajakin aku nikah😀

Komentarnya ditunggu...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s