USG

Alhamdulillah…..
Kayaknya kalo semua postingan diawali dengan mengucap syukur kepada Allah jadi merasa damai tentram sejahtera gini. Heheee. Ok, back to tittle.

USG kependekan dari Ultrasonografi. Menurut wikipedia, ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan.

Denger kata USG, pasti identik dengan orang hamil. Apakah aku sudah positif hamil????

Jika hamil itu sebuah harapan
Yakin bisa hamil itu harus
Ikhtiar itu mesti
Doa itu wajib

Aku termasuk kedalam wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur, bisa 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, 1 bulan sekali, bahkan 5 bulan sekali. Selama masih perawan, aku ga pernah khawatir akan ketelatan datang bulanku, selama aku ga melakukan apa-apa jadi keep calm. Berhubung sekarang udah nikah dan berencana ingin punya anak, kayaknya neraturin silkus haid jadi sesuatu yang wajib, jadilah hari ini aku putuskan untuk mengunjungi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Pencarian dokter spog atau spog (k) menjadi gampang berkat bantuan internet, banyak dokter2 yang punya review bagus di para pasiennya, tapi kebanyakan laki-laki. Rasanya hatiku tidak rela kalo badanku diliat, dipegang dan diapa-apakan oleh lelaki lain kecuali suamiku #caelahhhh. Wajib dokter perempuan, kalo bisa rs yang dekat rumah dan kalo bisa yang gratis. Hahahahaa.

Eng ing eng jadilah dr. Dewi Rochyantini SpOG (K) sebagai pilihanku, dokter wanita yang mengenakan hijab, walaupun tak banyak blog atau forum yang membicarakannya, tapi aku yakin dia sama pintarnya dengan dokter2 lain. Beliau praktek di Rumah Sakit Royal Progress di daerah Sunter, hanya 8 menit naik motor dari rumah. Dan yang paling menyenangkan adalah RS Royal Progress ini merupakan salah satu rumah sakit rujukan bagi pemegang kartu BPJS. Jadi, kemungkinan berobat gratis tetep bisaaaa. Wkwkwwk.
*Btw, tadi siang aku belum menggunakan kartu bpjsnya, karena masih dalam proses, jadi semuanya masih bayar pake duit pribadi walaupun tetep minta reimburse ke kantor suami.🙂 *

Hari Rabu ini, bu dokter praktek dari jam 10 – 12 siang, makanya dari semalem aku udah telp ke rumah sakit royal progress di (021) 6400261 buat janjian ketemu dokter. Pagi tadi, pihak rs telp ke hpku untuk konfirmasi kedatangan. Jam 10 udah siap dr rumah, cuss dah kesana bareng Ummi dan Diva. Sampai di rumah sakit, ketemu sama tetangga depan rumah yang lagi checkup kehamilan, Mba Sandra namanya, usia kehamilannya udah 8 bulan, ini juga pertama kalinya dia berobat kesini, dr dewi juga, tapi dapet rujukan dari klinik wahana sejahtera 3 yang merupakan faskes 1 dari kartu bpjsnya. Jadi sudah dipastikan dia berobat gratissssss. *enaknya*

Setelah proses pendaftaran di lantai 3, ternyata aku kebagian no 6 berarti masih nunggu lumayan lama nih kayaknya dan juga ternyata dr dewinya juga baru dateng, hayahhh makin lama dah. Sampe jam setengah 12 belum dipanggil juga, ummi udah mulai bete, si Diva mah asyik maen perosotan sama si Haura (anak pertama dari Mba Sandra), sampai akhirnya namaku dipanggil. Deg deg deg.

Duduk dan mulai cerita tentang masalah ketidakteraturan siklus menstruasiku. Yaudah hayo naik. Tiduran dan mulai di usg. Rasanya excited, takut, penasaran. Sampai akhirnya dr dewi bilang bahwa rahim aku sehat, ga ada yang aneh, ukuran panjang uterusnya 7 cm (Normal 7-8 cm), ovarium 2,5 cm (Normal 2,5-5 cm). Alhamdulillah.

IMG-20140625-01676

Kembali ke meja dan dokter mulai nyorat-nyoret buat resep dan bicara panjang lebar. Intinya sekarang mau benerin siklus haid aku dulu, mungkin bisa 3-4 kali kontrol, lanjut promil. Obatnya dikasih 2 kaplet (20 tablet), diminum 3×1 sehari sehabis makan. Kontrol lagi setelah haid tapi sebelum habis, buat dicek sel telurnya.

“Ada lagi yang mau ditanyakan?”, tanyanya. Mmmmm apalagi yah, sepertinya aku cukup mengerti dengan kata2nya, udah banyak baca-baca juga diforum, walaupun aku sempet ngelirik ke resep yang dibuat, kok bukan cyclo-progynova yah. Yasuwdahlah, nurut aja obat dari dokter. Ntar tinggal browsing di google. Hihiii.

Saatnya ke kasir dan nebus resep, berikut rincian biayanya:
Pendaftaran Rawat Jalan = 25.000
Jasa Kebidanan & Kandungan = 162.000
USG 2D Non Voluson (2 BW) = 180.000
Jasa Tindakan/Alat Medis = 35.000
Obat Primolut N 5 mg 20 tablet = 115.800
Total = 517.800

Sebenernya agak kaget pas tau aku diresepin Primolut-N sama dr dewi, karena setau aku, primolut-n itu untuk menunda haid. Aku tau obat ini saat mau umroh tahun kemarin, karena takut haid pas lagi di mekah, makanya salah satu ibu2 di rombonganku ngasih tau aku obat ini. Tapi yaudahlah, tebus aja dulu resepnya.

Sampai di rumah, penasaran bener ama si primolut n ini, searching dan akhirnya nemu forum yang ngebahas primolut n ini, anehnya ada dua jawaban yang berbeda menurut dokter mereka. Ada yang bilang ini buat nunda haid, ada juga yang bilang ini untuk melancarkan haid. Nah loh. Setelah diselidik, katanya emang obat itu bersikap ganda, saat kita menstruasi dia bisa membuatnya berhenti atau menundanya, dan saat tidak menstruasi, justru dia bisa melancarkannya. Lebih lengkap tentang Primolut N bisa cek disini.

Yaaaa semoga bisa cepet datang haidnya, bisa bener siklusnya, biar bisa cepet konsul lagi, biar cepet hamil. Aminnnn. Semangattttttt ya suamiku…

Komentarnya ditunggu...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s