Promil Session 2

Welcome back, setelah dua bulan ini sibuk kerja mikirin koding php yang bikin ngepul asap di otak, bulan ini ditekadkan untuk kembali promil. Tapi, promil kali ini dengan dokter spog yang berbeda. Bukan bermaksud menjelekkan dokter spog pertamaku, tapi berdasarkan pengalaman, nasehat yang saya terima setelah kurang lebih 5 kali berkunjung ke dokter tersebut ditambah saya belum juga berhasil hamil, akhirnya saya memutuskan untuk ‘selingkuh’ ke dokter lain.

Sebenernya dua bulan ini sambil browsing-browsing nyari dokter spog (k) yang bagus sih, baca reviewnya sana-sini, cek-cek jadwal prakteknya, lokasi prakteknya dll. Sampai akhirnya pilihan dokter menyempit menjadi 3 kandidat. Pertama dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K), kedua dr. Raden Muharam Natadisastra, SpOG (K) dan ketiga dr. Budi Wiweko, SpOG (K). Ketiganya memiliki review yang baik, pengalaman yang ahli dibidangnya dan tentu saja biaya konsulnya lebih mahal. Hahahaaa. Akhirnya aku memutuskan untuk ke dr. Muharam, SpOG (K) sebagai dokter pilihanku dan RSIA Hermina Jatinegara tempat yang aku pilih untuk praktek dokter karena satu alasan, dr Muharam praktek disini pada hari Sabtu sore.

Sebelum ketemu sama dr Muharam, jangan lupa buat reservasi kedatangan ke no telp rs yang dituju, kalo ke Hermina Jatinegara, reservasi bisa dilakukan pada h-3 dari hari kedatangan. Misalnya, mau datang hari Sabtu, maka reservasi baru bisa dilakukan pada hari Kamis. Usahakan telepon di pagi hari, biar dapat no urut yang awal. Contoh kemarin saya telp Kamis pagi sekitar jam 7an, dapat antrian no 4, kalau telp Kamis sore bisa dapat nomer 15 ke atas. So, lebih cepat lebih baik kan😀

Sabtu, 14 Februari 2015

Kartu Pasien RSIA Hermina

Kartu Pasien RSIA Hermina

Berbekal rute dari google maps, kita meluncur menuju Hermina Jatinegara. Berangkat sekitar jam 5 sore, sampai sana jam 6 kurang. Oke sip, langsung menuju ke meja pendaftaran yang ada di lantai 2. Ngisi formulir pendaftaran, nunggu, dapet printan nomer antrian, kartu pasien dan seharusnya dapet buku. Berhubung stok bukunya lagi abis, jadi belom dapet deh. Katanya sih ntar minta aja pas kunjungan kedua. Okelah cus. Praktek dr Muharam ada di lantai 3 (kalo dr Andon adanya di Klinik Eksekutif di Lantai 2).

Dari meja pendaftaran, sekitar jam 18.00 saya langsung menuju ke lantai 3 dan langsung duduk di bangku-bangku yang disediakan untuk menunggu. Sempet tanya ke suster, katanya dr Muharamnya belum datang. Yowes deh, anteng nonton Indonesian Idol Cilik di LED yang disediakan disana. Sampai akhirnya sekitar jam 18.45 sang dr. Muharam pun datang. Alhamdulillah. Nunggu dipanggil namanya oleh suster yang jaga, sampai akhirnya sudah 3 orang yang masuk, berarti giliranku nih *pikiranku dalam hati*, tapi ternyata suster memanggil nama orang lain. LAH! kan aku yang antrian nomer 4. Buru-buru deh konfirmasi ke susternya. Ternyataaaaaaaa, setelah dapat cetakan nomer antrian, kita harus ke suster jaga dulu untuk melakukan timbang berat badan dan tensi darah, baru deh bisa dipanggil. Toewwww.

Setelah bujuk rayu maut dan semua argumen disampaikan, yawdah pasrah dapet urutan terakhir, aku solat magrib dulu di mushola yang ada di lantai 3. Selesai solat, ternyata suami nyamperin dan bilang kalo nama aku barusan dipanggil buat pasien berikutnya. Alhamdulillah, akhirnya aku dikasih juga untuk dipanggil lebih awal, ga jadi diurutan terakhir. Asik!!!

Jeng-jeng, saatnya meet up dengan sang dokter, udah tau sih wajahnya liat di profilenya di web rscm kencana. Pertama kali, dr Muharam nanya, mau ngapain? Aku jawab aja mau promil dok. Dokter pun balas, kalo promil harus ada 5 syarat, tes sperma, mens teratur, tidak ada sumbatan di tuba falopi, ….. belum sempat dokter menyelesaikan kata2nya, sudah aku potong duluan. Ini dok hasil tes sperma suami, trus klo mens aku emang ga teratur dok. Pertanyaan selanjutnya, mens terakhir kapan, punya turunan kencing manis ga, dll dan berujung di bangku ‘eksekusi’. Usg transvaginal lagi. Hemmmmm.

Selesai usg, dokter langsung buat 3 lembar rujukan buat tes segala macem.

Lembar 1 tesnya adalah Toleransi Glukosa, Insulin Puasa, Insulin 2 jam PP dan AMH (Anti Mullerian Hormone). Tes ini bisa dilakukan kapan saja. Untuk pengecekan glukosa dan insulin diharuskan puasa 10-12 jam dari malam sampai pagi hari. Misalnya, terakhir makan berat di malam hari adalah jam 10 malam, maka tes dilakukan pada antara jam 8 – 10 pagi. Tes harus dilakukan pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain.

Lembar 2 tesnya adalah LH, FSH, Estradiol dan Prolaktin. Ini semuanya adalah tes hormon. Dilakukan pada hari ketiga menstruasi (H3). Tes harus dilakukan pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain, biasanya dibawah jam 10 pagi.

Lembar 3 adalah rujukan ke radiologi, yaitu tes HSG untuk melihat apakah ada penyumbatan atau tidak di tuba falopi. Ini dilakukan pada hari ke 11 sampai hari ke 14 menstruasi dan tidak boleh berhubungan dulu dengan suami.

Setelah diberikan surat rujukan, dan resep obat, aku menanyakan kapan kesini lagi, dokter bilang saat semua tes sudah dilakukan dan membawa hasil tesnya. Masih lama berarti yah….

Tarif Kamar, Perkiraan Persalinan dan Tarif Konsultasi Poliklinik dan Klinik Eksekutif RSIA Hermina Jatinegara 2015

Mampir ke apotik (masih di lantai yang sama) buat naro resep, nunggu, resep jadi, lanjut ke kasir buat bayar biaya obat dan pemeriksaan dokter. Ini dia saat yang menegangkan, yaitu pembayaran. Hahahaaaa. Kayaknya ini salah satu alasan orang-orang ‘males’ untuk promil ke dokter karena biayanya itu loh yang ga sedikit.😀

Obat = Duphaston 20 tablet = 377.600
Kartu Pasien = 9.000
Konsultasi dr Sub Spesialis Obsgyn = 240.000
Young-young 2x@5.000 = 10.000
Usg Transvaginal = 242.000
Totalnya = 878.600

Setelah bayar di kasir, bukti pembayaran kita serahkan ke bagian apotik kembali dan menunggu lagi untuk pemberian obatnya. Setelah obat diterima, cus makan Sate Padang Ajo Manih di Rawamangun dan pulang ke rumah. Sudah malam rupanya dan baru tersadar kalau ini adalah malam ‘yang katanya hari kasih sayang’ #alagh.

Bagi yang mau tau jadwal praktek dr. Muharam di rumah sakit lain, berikut catatan saya, semoga berguna.

  1. RSCM Kencana Klinik Yasmin
    Lokasi: Jl. Diponegoro 71, Salemba, Jakarta Pusat.
    Telp: +6287897062684 (SMS Only).
    Web: http://klinikyasmin.co.id/

    • Senin: 11.00
    • Selasa: 11.00
    • Rabu: 11.00
    • Kamis: 11.00
    • Jumat: 11.00
    • Sabtu: 09.00
  2. RSIA Hermina Jatinegara
    Lokasi: Jl. Raya Jatinegara Barat No. 126, Jatinegara, Jakarta Timur
    Telp: (021) 8191223
    Web: http://herminahospitalgroup.com/home/cabang/jatinegara

    • Selasa : 18.00 – 20.00
    • Sabtu : 18.00 – 20.00
  3. Rs Pelni
    Lokasi: Jl. Aipda KS. Tubun No.92-94, Petamburan, Jakarta Barat
    Telp: (021) 5480608
    Web: www.rspelni.co.id

    • Senin: 18.00 – 21.00
    • Kamis: 18.00 – 21.00
  4. Rs Sam Marie
    Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No. 31, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur
    Telp: (021) 86613145
    Web: http://www.sammarie.com/ atau http://basra.sammarie.com/

    • Jumat: 17.30-19.00
    • Rabu: 17.00

10 thoughts on “Promil Session 2

  1. Hai, salam kenal. Saya juga ingin promil ke dokter muharam. Tapi masih takut
    Prnah ke dokter nining januari kemarin, tapi kok kurang sreg ya. Hasil diagnosisnya berbeda dgn dokterku yg di Surabaya.
    Apa harus tes dulu ya sbelum periksa? Aq masih blum tes macem2. Hehe

  2. Pingback: Bingung ke Laboratorium Mana? | Bidadut's Curhat

  3. Halooo, dokter muharam, dokter kesayangan, aku berhasil promil disana dan waktu itu kandunganku lemah, tapi dokter muharam berhasil membuat aku tenang dan penanganan yang tepat. sekarang anakku udah berumur 2 tahun dan sehat selalu… ada 2 temenku yang juga berhasil prmil disana. baik bgt orangnya. puas bgt pokoknya sama pelayanannya.

Komentarnya ditunggu...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s