Tahun Ke-4

image

Ga kerasa, toko online yang dulu dibuat iseng2 buat nambah uang jajan, sampe jadi sumber pendapatan dan sekarang jadi pendapatan sampingan udah berumur 4 tahun. Mungkin lebih.

Alhamdulillah, di Tokopedia tercatat sudah 1.967 barang yang laku terjual. Dijadikan toko favorit oleh 128 orang. Tidak banyak sih, tapi cukup untuk sebuat toko online yang dikelola seorang diri, mulai dari belanja barang, masarin produk, packing sampe anter paket ke jasa pengiriman. Yang tadinya ga kenal sama orang ekspedisi, sekarang malah jadi akrab dengan karyawan JNE dan POS.

Emang jualan apa aja sih? Hwaaaa, banyakkkk dah (gonta-ganti maksudnya hahahaa). Mulai dari barang yang beli impor langsung dari Canada, China, Hongkong sampe produk asal negeri sendiri. Mulai dari dagangan yang ga diketahuin orang, sampe barang yang super booming. Dari yang mulai berani stok barang 10 pcs, sampe 100an. Dari yang mulai sehari laku 1 bahkan ga laku, sampe bisa sehari kirim 100 pcs barang.

Banyak banget pengalaman yang didapat dari berdagang, terutama pas beli barang impor dimana belanjanya cuma online, bermodal asas percaya aja ama seller disana. Ujung2nya, ada barang yang ga sesuai lah, jumlahnya kuranglah, barangnya ga dateng2 lah. Walaupun banyak juga yang pedagangnya jujur dan barang selamat sampai di rumah. Belom lagi pengalaman berhubungan sama pihak bea cukai di Indonesia, mulai yang dari kena pajak cuma 7rb (biaya bungkus kembali), sampe kena pajak yang sampe Jutaan. Padahal harga barangnya sendiri lebih murah dari biaya pajaknya.

Yah, namanya juga dagang, ada untung ada rugi, ada lagi di atas, ada lagi di bawah, ada rame, ada sepi. Tapi tetep yakin aja, kalo rejeki sudah diatur oleh Allah, selama berdagang yang jujur dan suami ridho, Insya Allah berkah. Amin.

β€œDan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya.”
(QS. Hud [11]: 6).

Iklan

3 thoughts on “Tahun Ke-4

Komentarnya ditunggu...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s